Pict: Astra Honda Motor
Salam Brapzzz... Brondes sebetulnya ane ngga kepikiran mau bahas motor ini, tapi temen ane minta bahasan soal ini motor “CB150 VERZA mana?” Kata dia setelah saya publish post Komparasi All New Vixion. Mungkin karena dia punya Verza generasi pertama, liat CB150 Verza jadi pengen tukar tambah atau malah tambah lagi satu CB150 Verza. Ga usah ba bi bu lagi ane langsung bahas ni motor, menurut pendapat ane yang nampak berubah jelas ada di headlight. Headlight CB150 Verza ini sekarang bundar dan ada garnish berwarna hitam pada samping kanan dan kiri lampu ini, mengingatkan dengan model headlight Honda Tiger dan part ini sering disebut oleh para modifikator khususnya Tiger, Megapro, dkk. Jujur model headlight ini ane lebih suka karena terlihat pas dan ngga besar kepala, diatasnya ada pula panel meter yang sudah full digital jadi ini motor sudah kekinian.
Full Digital Panel Meter
New Round Headlight
Secure Key Shutter
New Tough Fuel Cap
Muscular Shroud
Mundur sedikit ada tangki yang sekilas nampak seperti old Verza dengan fuel cap atau tutup tangki model baru seperti gerigi. Dibawah tangki ada 2 buah air shroud bertuliskan CB yang lebih kekar dari versi lama, setelah itu di jantung pacu ada mesin 150cc PGM-FI yang diklaim paling irit dikelasnya untuk urusan bahan bakar oleh Honda . 46,3 km/liter dengan standar Euro 2 dan 43,5 km/liter pada standar Euro 3 menggunakan metode ECE R40, irit bbm boleh irit larinya janganlah. Berdasarkan pengetesan oleh Honda sendiri motor ini sanggup berlari 0-200m dengan catatan waktu 11,41 detik.
150cc PGM-FI
Adjustable Dual Rear Suspension
Cover Knalpot
Sisi knalpot tidak jauh berbeda hanya sekarang cover knalpot berwarna hitam bertuliskan Verza, naik ke atas ada adjustable dual rear suspension ya seperti namanya suspensi ini bisa diatur kelembutannya agar lebih nyaman meredam guncangan batin pengendara karena kalo keras jadi ngga nyaman juga batin si rider hahaha 😂. Untuk taillight masih sama dengan old Verza yang identik dengan Megapro, CB150 Verza terbagi dalam 2 varian yaitu tipe castwheel dan spoke ada 3 opsi warna di tipe castwheel yaitu Macho Silver, Bold Red, dan Masculine Black sementara di tipe spoke hanya ada Masculine Black. Di kedua varian ini nampaknya belum nampak peningkatan sistem pengereman karena bagian belakang masih menggunakan tromol. Ane kasih juga brondes spesifikasi lengkapnya nih.
Mesin
Mesin
Tipe Mesin 4 langkah, SOHC, Satu Silinder
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah 57,3 x 57,8 mm
Tipe Tranmisi 5 Tingkat Kecepatan
Rasio Kompresi 9,5:1
Daya Maksimum 9,59kW (13,04 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 12,73 Nm (1,30 kgf.m) / 6.000 rpm
Tipe Starter Pedal dan Elektrik
Tipe Kopling Manual, Multiplate, Wet Clutch
Sistem Pendingin Mesin Pendingin Udara
Pola Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5
Rangka & Kaki-kaki
Rangka & Kaki-kaki
Tipe Rangka Diamond Steel
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Adjustable Dual Rear Suspension
Ukuran Ban Depan 80/100 - 17 M/C 46P (CW: Tubeless dan SW: with Tube)
Ukuran Ban Belakang 100/90 - 17 M/C 55P (CW: Tubeless dan SW: with Tube)
Rem Depan Cakram Hidrolik, Piston Ganda
Rem Belakang Tromol
Dimensi & Berat
Dimensi & Berat
Panjang X Lebar X Tinggi 2.056 x 742 x 1.054 mm
Tinggi Tempat Duduk 773 mm
Jarak Sumbu Roda 1.318 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 156 mm
Curb Weight 129 kg (Cast Wheel), dan 128 kg (Spoke Wheel)
Kapasitas
Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12,2 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas 1,0 Liter (Penggantian Periodik)
Kelistrikan
Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki MF Wet 12V 3.5Ah
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Busi NGK CPR9EA-9
Sudah saatnya penutupan saudara-saudaraku, menurut ane ini motor cocok untuk kalian yang mobilitasnya tinggi, ingin membantu pemerintah menghemat bbm karena motor ini diklaim irit, juga punya motor yang tahan banting untuk kegiatan sehari-hari. Meski entah kenapa banyak netizen yang menyayangkan Honda tidak mengeluarkan Honda CB150 Exmotion macam Thailand punya tapi malah yang keluar ini. Ya di syukuri saja karena kalau pun masuk Indo tuh motor banderolnya jadi terkatrol tinggi. Oh ya untuk tipe spoke harga On The Road Jakarta Rp19,300,000,- dan tipe castwheel Rp19,950,000,-. Ini cocok buat ente biker berdompet tipis. Kalau mau kenceng ambil CB150 R aja sekalian.
Matur nuwun :v
Jangan lupa klik share dan subscribe
Salam Brapzzz💨
No comments:
Post a Comment