Sudah lama sekali saya tidak update blog ini, sama seperti Yamaha yang lama sekali mengeluarkan motor dual purposenya. Tapi sekarang tenang, karena Yamaha telah merilis motor adventure yang menjadi pendatang baru di segmen offroad ini. Yamaha WR 155 adalah motor trail yang dirilis Yamaha yang memang tidak asal-asalan dan risetnya sendiri sudah lama sekali, dulu saya juga menunggu-nunggu kapan motor ini rilis.
Hasilnya tidak mengecewakan, Yamaha mengeluarkan motor trail dengan mesin 155cc, 4 katup, VVA (VARIABLE VALVE ACTUATION) berpendingin cairan. Untuk motor di kelasnya, saya akui motor ini punya mesin yang mungkin tenaganya paling besar dengan 12,3 kw @10.000rpm dan torsi maksimal 14,3Nm @6.500 rpm dan dengan adanya teknologi VVA motor ini memiliki teknologi tercanggih di kelasnya.
Rangka yang digunakan menggunakan semi double cradle dengan suspensi belakang monocross yang dapat diatur kekerasannya. Dibagian suspensi depan terdapat shockbreaker yang masih teleskopik tetapi memiliki diameter yang cukup besar yaitu 41mm.
Sistem pengereman baik bagian depan maupun belakang sudah menggunakan cakram bergelombang. Untuk tangki sendiri memiliki kapasitas 8,1L dan pada warna Yamaha Blue memiliki seat berwarna senada dengan liverynya yaitu biru.
Naik sedikit kebagian atas ada speedometer lcd yang cukup lengkap seperti indikator bahan bakar, indikator transmisi, indikator rpm, trip meter dll. Tidak hanya itu motor ini juga dibekali hazard lamp mengingat ini adalah motor adventure. Headlamp motor ini memiliki ciri khas Yamaha yang simple dan manis.
Kaki-kaki bagian depan motor ini menggunakan velg berdiameter 21 inch dengan profil ban 2,75 45p dan dibagian belakang menggunakan velg berdiameter 18 inch dengan ban 4,10 59p.
Untuk pilihan warna motor ini hanya ada 2 untuk saat ini yaitu “Yamaha Blue” & “Yamaha Black”, dan mungkin nantinya akan direfresh tampilannya agar semakin gahar mengingat ini adalah motor offroad entry level mereka.
Untuk spesifikasi lengkapnya silahkan lihat dibawah ini:
Mesin
Tipe mesin Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA
Jumlah/posisi silinder Silinder tunggal
Diameter x Langkah 58,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi 11,6 : 1
Daya maksimum 12,3 KW/10.000 rpm
Torsi maksimum 14,3 Nm/ 6500 rpm
Sistem starter elektrik starter
Sistem pelumasan basah
Kapasitas oli mesin Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Volume Silinder 155 cc
Tipe Kopling Wet Type Multi-plate
Tipe Transmisi Manual
Pola Pengoperasian Transmisi 1-N-2-3-4-5-6
Dimensi
P x L x T 2145mm x 840mm x 1200mm
Jarak sumbu roda 1430mm
Jarak terendah ke tanah 245mm
Tinggi tempat duduk 880mm
Berat Isi 134 kg
Kapasitas tangki besin 8.1 Liter
Rangka
Tipe rangka Semi Double Cradle
SUSPENSI DEPAN Telescopic 41mm
SUSPENSI BELAKANG Monoshock
BAN DEPAN 2,75-21 45P
BAN BELAKANG 4,10-18 59P
REM DEPAN 240mm Wave disc
REM BELAKANG 220mm Wave disc
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI/Transistor
Battery YTZ4V
Tipe Busi MR8E9
Sekian dulu post kali ini
Terima kasih semua yang sudah mampir.
No comments:
Post a Comment